Skip to main content

Puding Cincau Hitam




Beberapa minggu ini, alhamdulillah masih sibuk ngurusin pesanan. Manajemen waktu adalah hal yang paling dasar untuk dipelajari jika ingin berbisnis sambil masih tetap ngantor.  Tidur lebih awal agar bisa bangun lebih pagi dan nyicil pekerjaan adalah hal yang lumrah selama beberapa minggu ini. Sepulang kantor belanja stok bahan baku dan dini hari berikutnya disibukkan sama baking dan dekorasi. Senang luar biasa bisa merasakan kesibukan ini karena untuk pertama kalinya bisa punya usaha sampingan yang sekaligus merupakan hobi, baking!

Karena udah kecapekan di hari kerja (tetep deh ya berani nerima pesanan H-3 di weekdays :D), Sabtu dan Minggu yang biasanya jadi hari bereksperimen dan hari ngedokumentasikan, berubah drastis jadi hari tanpa ngurusin blog. Selesai ngurusin rumah, kepengennya cuma satu, leyeh-leyeh.




Merasa bersalah udah ngebiarin blog, hari Minggu kemarin nyoba nyiapin postingan. Pengen yang praktis-praktis aja, itung-itung sekalian latihan belajar nyiapin menu snackbox Setelah nyimpen screesshot resep mbak Yulyan sekian lama, akhirnya Puding Cincau Hitam pun berhasil dicoba kemarin pagi. Bener-bener gampang nyiapin bahan dan bikinnya. Hasilnya pun unik dan cantik. Berbekal jar kecil, puding ini pun jadi bekal buat ngantor hari ini.

Selain cantik buat dijadikan bekal, rasanya juga enak! Buat yang gak gitu suka manis, takaran gula yang dipakai di resep ini sungguh pas. Rasa ringan dari santan encer sangat cocok dengan segarnya cincau hitam. Bahkan, setelah diolah menjadi puding ini, aroma jeruk dari cincau hitam rasa jeruk yang aku beli di salah satu supermarket ini malah lebih terasa. Kebayang kan puding dingin dengan aroma jeruk di siang hari :D?




Dan inilah resep puding yang mudah banget itu :)
Ok banget buat stok resep bukaan selama bulan puasa ntar lho ^^

PUDING CINCAU HITAM
sumber asli: Yulyan Parwati - Cooking with Love 
dengan modifikasi

Bahan:
- 1200 ml santan encer (nitta: karena hanya punya santan instan, 200 ml santan kental instan aku tambahkan 1000 ml air)
- 200 gram gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1 bungkus agar-agar tanpa rasa (plain)
- 1 bungkus nutrijell tanpa rasa (plain)
- 3 lemabr daun pandan
- 350 gram cincau hitam (nitta: aku gunakan 500 gram), tiriskan airnya, potong kotak-kotak kecil

Cara Membuat:
1. Tata potongan cincau di cetakan atau wadah puding hingga menutupi bagian dasar, sisihkan.
2. Rebus santan, gula pasir, garam, agar-agar, nutrijell, dan daun pandan hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Matikan api dan biarkan sebentar hingga uapnya hilang.
3. Tuang perlahan adonan puding ke cetakan atau wadah puding yang telah diberi potongan cincau. Biarkan sedikit mengeras. Setelah mulai set, beri potongan cincau lagi sambil sedikit ditekan agar sedikit terbenam adonan puding.
4. Simpan di lemari es dan sajikan dingin.

Nitta Sestra Afdya -- Jakarta, 16 Juni 2014


Comments

  1. Halo Mba Nitta, salam kenal ya... :)
    Berawal dari googling "oven kirin" aku akhirnya nyasar ke blog ini, dan....sama sekali tidak menyesal!!
    Blog mba Nitta bagus sekali, resepnya banyak yang simple dan foto-fotonya itu loh..cantik! *love*
    Aku jadi terpacu untuk semakin mengasah kemampuan memasakku...hihiihi..
    Eh iya, resep-resepnya aku contek ya mba :)

    Salam,
    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Rinifit, salam kenal juga ya..^^
      Seneng banget dapet komen dari mbak. Barusan ngantuk2 abis bergadang ngerjain pesanan, jadi melek deh >.<
      Semoga sukses di dapurnya ya, mbak. Jadi makin termotivasi buat belajar lebih banyak deh (walau resep yang dicoba masih yang mudah-mudah aja :D)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nasi Bakar ala Bu Fatmah Bahalwan NCC

Pertama kali lihat postingan resep Nasi Bakar ini, bawaannya kebayang-bayang terus dan pengen bikin. Alasannya, aku suka banget nasi bakar! Ada aroma daun pisang, aroma bakaran dan rasa gurih dari lauknya itu bikin lidah ketagihan. Karena itu, ketika menemukan link berisi resep ini, aku langsung catat bahan dan cara membuatnya di agenda masakan tercintaaah (sebenernya sih buku agenda buat kerjaan kantor, disalahgunakan ini ceritanya :D). Mencatat resep di buku tulis itu ada kebahagiaan tersendiri. Selain bisa jadi koleksi (haiah *ga penting), mempermudah liat resep pas masak ketika hape harus di-charge dulu, juga membantu pemahaman langkah pengerjaan. Ok, kembali ke resep. Yang bikin aku memilih resep ini adalah resep ini dari Bu Fatmah Bahalwan NCC. Hohoho. Beliau sudah terkenal di dunia masak-memasak lho. Dan aku, sebagai salah satu fans berat beliau, gak ragu sama kelezatan resep yang pernah disusun beliau. Semangat ini juga makin menggebu-gebu ketika mbak Hesti nge-posting re

Kentang Goreng Tepung

Setelah hampir sebulan nganggur di draft, akhirnya bisa di- publish juga :D *kelamaan memastikan detil resep* Majalah Sedap kembali dengan resep praktis dan gak pake bahan banyak. Halaman belakang majalah edisi bulan Agustus kemarin tersebut diisi dengan resep pilihan yang dijamin mudah untuk dibuat. Salah satunya Kentang Goreng Tepung ini. Meskipun jenis olahan french fries lebih dikenal dan disukai, kentang goreng dengan potongan wedges ini dijamin gak akan mengecewakan. Yang khas dari kentang goreng ini adalah renyahnya. Karena berbalut tepung, kentang ini sangat renyah. Bahkan kerenyahannya bertahan hingga kondisinya tidak lagi hangat. Disajikan dengan saus cocolan ataupun tidak, tetap saja cemilan ini bakalan memanjakan lidah keluarga di rumah. Kriuk-kriuk gurihnya bikin siapa aja akan berkesimpulan one is never enough .   Punya stok kentang? Yuk, buruan dimasak dengan resep yang aku tulis ulang dari majalah Sedap ini :) KENTANG GORENG TEPUNG sumber:

OVEN dan ovenku (KIRIN 200-RA)

Oven adalah peralatan dapur yang wajib dimiliki kalo mau belajar baking , khususnya kalo mau bikin sesuatu yang dipanggang. Peralatan tempur baking yang satu ini juga punya beberapa jenis, yaitu: Oven Tangkring (otang) Oven ini mungkin paling tersohor di dunia per- baking -an :D. Gimana enggak, sejak jaman masih kecil banget sampe sekarang, aku masih sering nemu toko yang ngejual oven yang satu ini. Gak jarang juga ibu-ibu yang pada pinter masak di blog-blog yang aku baca mengakui sendiri mereka juga menggunakannya. Kalo ditanya alasan kenapa banyak orang suka banget (dan bahkan jatuh cinta) dengan oven ini, pada umumnya adalah oven ini murah dan gak pake listrik. Memang bener kalo oven ini praktis banget, tapi kelemahannya juga patut dipertimbangkan. Jika menggunakannya di atas kompor gas, ovennya harus diganjal dulu, terkadang panasnya tidak merata, dan sulit menentukan temperatur dengan benar (bahkan kadang pengukur suhu yang ada bisa salah).   Oven Gas Bi