Skip to main content

Blueberry Cheesecake

 

Niatnya sih pengen nyoba bikin Japanese Cheese Cake (JCC). Bahkan mau bikin dua sekaligus *pede banget padahal belum pernah bikin sama sekali sebelumnya*. Karena niatnya gak dibarengin dengan tindakan, creamcheese nganggur aja di kulkas. Daripada kadaluarsa begitu aja, bikin yang lain aja. Nah, pilihannya jatuh ke cheesecake-nya Sedap yang udah dicoba sama mba Iyan, keliatan menggoda banget buat dicolek :D.

Jadi, kita banting stir deh bikin cheesecake ini aja. Karena penasaran pengen ngerasain cheesecake dengan topping blueberry, toppingnya diganti ama selai dan buah blueberry deh. Semangat makin menggebu-gebu setelah (pada akhirnya) menemukan loyang bongkar pasang atau springform bulat dengan diameter 20 cm. Hehehe. Untuk urusan loyang, aku emang agak ribet sendiri. Kalo ndak ada loyang dengan diameter yang diminta, gak jadi bikin deh. Selain masih agak grogi urusan mengukur volume, ketinggian kue setelah di loyang akan mempengaruhi waktu baking-nya. Karena masih belum paham betul itulah, dengan sabar bolak-balik TBK demi nemu loyang yang diharapkan ^^

Kembali ke postingan resep *kelamaan curhat :D*, setelah nyoba, hasilku gak sebagus mbak Iyan *mewek*. Pinggirannya gak rapi. Selain itu, karena gak sabar ngebuka loyang, retak deh salah satu sisi. Padahal di instruksi, harus didinginkan dulu selama beberapa jam. So, kalo pengen nyoba ini, bener-bener ikutin petunjuk resep ya :)


Rasa? Uenakkk... Menurutku bahkan lebih enak daripada Strawberry Cheesecake yang pernah aku bikin sebelumnya. Kemungkinan besar karena cake kali ini lebih banyak kejunya. Makannya jg gak perlu banyak-banyak, dikit aja udah memenuhi laparnya mata :D *ingat timbangan ya, Ibu-ibu* Karena suami gak begitu suka yang ngeju banget, sebagian diungsikan ke kantor deh. Sayang kan udah dibuat tapi kelamaan di kulkas :(. Semoga jadi awal yang baik untuk memulai usaha, kan itung-itung promosi *niat terselubung di balik pemberian* :D

Kepanjangan pengantar, berikut resepnya ya....

BLUEBERRY CHEESE CAKE
sumber: http://dapur-eeyand.blogspot.com/2012/02/strawberry-cheese-cake.html

Bahan alas:
- 60 gram mentega tawar dingin
- 60 gram gula tepung
- 1/4 sdt garam
- 1 kuning telur
- 75 gram tepung terigu protein sedang
- 1 1/2 sdm coklat bubuk
- 1/2 sdt baking powder

Bahan cheesecake:
- 500 gram creamcheese
- 75 gram gula pasir halus
- 1/8 sdt vanila ekstrak (aku gak pake)
- 3 kuning telur
- 100 ml krim kental
- 1 sdm maizena
- 2 putih telur
- 1/8 sdt garam
- 30 gram gula pasir

Bahan topping:
- 100 gram blueberry segar
- 50 gram selai blueberry
- 2 sdm air

Cara Membuat:

1. Buat alas: kocok mentega, gula, garam, asal rata selama 2 menit. Masukkan kuning telur, kocok rata. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Simpan selama 1 jam dalam lemari es. Setelah 1 jam, ratakan adonan alas di atas ring bulat (loyang bongkar pasang/springform) berdiameter 20 cm yang dialasi kertas roti. Tusuk-tusuk dengan garpu. Oven selama 15 menit dengan api bawah pada suhu 170 derajat celcius, dinginkan.

2. Buat cheesecake: kocok creamcheese, gula, dan vanilla extract sampai asal lembut dengan kecepatan rendah. Masukkan kuning telur dan krim kental, kocok rata. Tambahkan maizena sambil diayak dan dikocok rata dengan kecepatan rendah. Sisihkan.

3. Kocok putih telur dan garam di wadah lain (bersih dan tidak terdapat minyak atau kandungan kuning telur) sampai setengah mengembang. Masukkan gula dan kocok kembali sampai mengembang. Tuang sedikit demi sedikit kocokan putih telur tersebut ke campuran keju sambil diaduk perlahan. Tuang ke atas alas.

4. Oven 20 menit dengan api bawah suhu 150 derajat celcius, kemudian turunkan suhu oven ke 140 derakat celcius dan lanjutkan proses pemanggangan selama 40 menit sampai matang. Dinginkan (cake tetap berada pada loyang) selama minimal 3 jam atau semalaman dalam lemari es.

5. Buat topping: didihkan selai blueberry dan air sambil diaduk perlahan hingga tercampur sempurna, dinginkan. Tata bluberry di atas cheescake yang sudah dilepas dari loyang dan siramkan saus blueberry perlahan di atas cake. Sajikan dingin.



Masih penasaran bikin cheesecake yang gak cuma enak, tapi bener-bener cantik penampilannya. Kalau wiken luang dan stok creamcheese ada, insyaAllah pengen nyoba lagi. Semoga bisa nyoba variasi cheesecake yang pake kopi atau green tea :)


Comments

Popular posts from this blog

Nasi Bakar ala Bu Fatmah Bahalwan NCC

Pertama kali lihat postingan resep Nasi Bakar ini, bawaannya kebayang-bayang terus dan pengen bikin. Alasannya, aku suka banget nasi bakar! Ada aroma daun pisang, aroma bakaran dan rasa gurih dari lauknya itu bikin lidah ketagihan. Karena itu, ketika menemukan link berisi resep ini, aku langsung catat bahan dan cara membuatnya di agenda masakan tercintaaah (sebenernya sih buku agenda buat kerjaan kantor, disalahgunakan ini ceritanya :D). Mencatat resep di buku tulis itu ada kebahagiaan tersendiri. Selain bisa jadi koleksi (haiah *ga penting), mempermudah liat resep pas masak ketika hape harus di-charge dulu, juga membantu pemahaman langkah pengerjaan. Ok, kembali ke resep. Yang bikin aku memilih resep ini adalah resep ini dari Bu Fatmah Bahalwan NCC. Hohoho. Beliau sudah terkenal di dunia masak-memasak lho. Dan aku, sebagai salah satu fans berat beliau, gak ragu sama kelezatan resep yang pernah disusun beliau. Semangat ini juga makin menggebu-gebu ketika mbak Hesti nge-posting re

Kentang Goreng Tepung

Setelah hampir sebulan nganggur di draft, akhirnya bisa di- publish juga :D *kelamaan memastikan detil resep* Majalah Sedap kembali dengan resep praktis dan gak pake bahan banyak. Halaman belakang majalah edisi bulan Agustus kemarin tersebut diisi dengan resep pilihan yang dijamin mudah untuk dibuat. Salah satunya Kentang Goreng Tepung ini. Meskipun jenis olahan french fries lebih dikenal dan disukai, kentang goreng dengan potongan wedges ini dijamin gak akan mengecewakan. Yang khas dari kentang goreng ini adalah renyahnya. Karena berbalut tepung, kentang ini sangat renyah. Bahkan kerenyahannya bertahan hingga kondisinya tidak lagi hangat. Disajikan dengan saus cocolan ataupun tidak, tetap saja cemilan ini bakalan memanjakan lidah keluarga di rumah. Kriuk-kriuk gurihnya bikin siapa aja akan berkesimpulan one is never enough .   Punya stok kentang? Yuk, buruan dimasak dengan resep yang aku tulis ulang dari majalah Sedap ini :) KENTANG GORENG TEPUNG sumber:

OVEN dan ovenku (KIRIN 200-RA)

Oven adalah peralatan dapur yang wajib dimiliki kalo mau belajar baking , khususnya kalo mau bikin sesuatu yang dipanggang. Peralatan tempur baking yang satu ini juga punya beberapa jenis, yaitu: Oven Tangkring (otang) Oven ini mungkin paling tersohor di dunia per- baking -an :D. Gimana enggak, sejak jaman masih kecil banget sampe sekarang, aku masih sering nemu toko yang ngejual oven yang satu ini. Gak jarang juga ibu-ibu yang pada pinter masak di blog-blog yang aku baca mengakui sendiri mereka juga menggunakannya. Kalo ditanya alasan kenapa banyak orang suka banget (dan bahkan jatuh cinta) dengan oven ini, pada umumnya adalah oven ini murah dan gak pake listrik. Memang bener kalo oven ini praktis banget, tapi kelemahannya juga patut dipertimbangkan. Jika menggunakannya di atas kompor gas, ovennya harus diganjal dulu, terkadang panasnya tidak merata, dan sulit menentukan temperatur dengan benar (bahkan kadang pengukur suhu yang ada bisa salah).   Oven Gas Bi