Skip to main content

Putu Ayu Ketan Hitam




Alhamdulillah bisa posting lagi :)
Sebelum kuliah dimulai, udah mulai 'nyetok' apdetan. Meskipun sudah lebih bisa beberapa jenis masakan, tetap saja apdet blog adalah keharusan. Selain demi belajar hal yang baru di dapur, juga demi menyalurkan hobi foto-foto yang sekarang beralih ke makanan saja.

Alhamdulillah juga, sedikit demi sedikit sudah bertambah yang mengenal produk Kering Kentang dan Frozen American Risoles. Feedback nya sangat baik dan menyenangkan. Sungguh gak nyangka beberapa tahun yang lalu gak kepikiran bisa berkecimpung di dunia kuliner. Jangankan memasak, memegang ikan dalam keadaan mentah saja baru dilakukan setelah menikah. So, buat yang deg-degan belum bisa masak, tidak ada kata terlambat buat belajar. Gak ada yang mustahil selama kita mau bersungguh-sungguh.

Nah, sekian sharing singkatnya :D
Curhat yang kepikiran mengingat sekarang sudah memasuki tahun kedua ngeblog.

Kembali ke apdetan ya..
Yang aku aplot kali ini adalah resep Putu Ayu Ketan Hitam. Ketan hitam atau ketan item adalah favorit si kecil. Asiyah lebih suka bolu kukus ketan hitam dibandingkan bolu kukus biasa. Selain karena lebih legit, mungkin karena lembabnya tekstur kue. Tetapi, akunya kepengen Putu Ayu. Singkatnya, ini berupa perpaduan keduanya :D

Putu Ayu Ketan Hitam yang aku buat ini hampir sama persis dengan Bolu Kukus Ketan Hitam yang pernah aku aplot. Resepnya sendiri berasal dari blog nya mba Diah Didi. Perbedaannya hanya pada penambahan kelapa parut.

Rasa? Tentu saja enaaakk...
Paling tidak, untuk penggemar makanan tradisional (yaitu suami tercinta) makanan ini bikin 'nyaman'. Aku sendiri juga nyomot-nyomot di tengah ngukus adonan berikutnya.

Kemarin aku bikin dua kali resep mba Diah Didi karena mau dibawa ke rumah teman. Setelah dicoba-coba, ada sedikit revisi di resep. Menurutku sebaiknya kelapa parut nya 125 gram (untuk tiap satu resep mba Diah Didi) atau 250 gram untuk dua kali resep seperti yang aku siapkan kemarin. 250 gram kelapa parut itu kira-kira bisa didapatkan dari setengah buat kelapa ukuran sedang.



Tepung ketan hitam 125 gram
Sp 1/4 sendok teh
Gula pasir 75 gram
Santan instan 50 ml, Minyak goreng 75 gram
Garam 1/4 sendok teh, Vanilla cair 1/4 sendok teh / vanili / optional
Kelapa parut 100 gram, campur dengan sedikit garam, lalu kukus sebentar.
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/09/putu-ayu-ketan-hitam.html#sthash.j3nIre7D.dpuf
2 butir Telur
Tepung ketan hitam 125 gram
Sp 1/4 sendok teh
Gula pasir 75 gram
Santan instan 50 ml, Minyak goreng 75 gram
Garam 1/4 sendok teh, Vanilla cair 1/4 sendok teh / vanili / optional
Kelapa parut 100 gram, campur dengan sedikit garam, lalu kukus sebentar.
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/09/putu-ayu-ketan-hitam.html#sthash.j3nIre7D.dpuf
2 butir Telur
Tepung ketan hitam 125 gram
Sp 1/4 sendok teh
Gula pasir 75 gram
Santan instan 50 ml, Minyak goreng 75 gram
Garam 1/4 sendok teh, Vanilla cair 1/4 sendok teh / vanili / optional
Kelapa parut 100 gram, campur dengan sedikit garam, lalu kukus sebentar.
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/09/putu-ayu-ketan-hitam.html#sthash.j3nIre7D.dpuf
BOLU KUKUS KETAN HITAM
Sumber: Diah Didi dengan modifikasi seperlunya


Bahan:
- 4 butir telur
- 150 gram gula pasir
- 1/2 sdt SP
- 1/4 sdt garam
- 250 gram tepung ketan hitam
- 100 ml santan kental
- 1/2 sdt vanili 
- 150 gram minyak goreng
- minyak goreng secukupnya untk olesan

Bahan parutan kelapa:
- 250 gram kelapa parut dann 1/2 sdt garam (campur hingga rata dan kukus sebentar)


Cara Membuat:
1. Panaskan kukusan dan oleskan sedikit minyak goreng pada cetakan putu ayu. Ambil sedikit kelapa parut dan padatkan di dasar cetakan.
2. Kocok telur, gula pasir, SP dan garam sampai kental berjejak atau jambul petruk.
3. Masukkan tepung ketan hitam sambil diayak. Lakukan secara bertahap dan diselingi pemberian santan dan aduk (atau bisa menggunakan mixer kecepatan paling rendah sampai asal rata).
4. Tambahkan vanili bubuk (atau pasta vanilla). Aduk asal rata.
5. Tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga rata dan pastikan tidak terlalu mengumpul di bagian dasar wadah.
6. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah diberi kelapa parut sebelumnya hingga hampir penuh. Kukus selama 15 menit hingga seluruh adonan habis.
7. Sajikan selagi hangat.


Selamat mencoba :)

Nitta Sestra Afdya - 11 Maret 2015


Comments

Popular posts from this blog

Nasi Bakar ala Bu Fatmah Bahalwan NCC

Pertama kali lihat postingan resep Nasi Bakar ini, bawaannya kebayang-bayang terus dan pengen bikin. Alasannya, aku suka banget nasi bakar! Ada aroma daun pisang, aroma bakaran dan rasa gurih dari lauknya itu bikin lidah ketagihan. Karena itu, ketika menemukan link berisi resep ini, aku langsung catat bahan dan cara membuatnya di agenda masakan tercintaaah (sebenernya sih buku agenda buat kerjaan kantor, disalahgunakan ini ceritanya :D). Mencatat resep di buku tulis itu ada kebahagiaan tersendiri. Selain bisa jadi koleksi (haiah *ga penting), mempermudah liat resep pas masak ketika hape harus di-charge dulu, juga membantu pemahaman langkah pengerjaan. Ok, kembali ke resep. Yang bikin aku memilih resep ini adalah resep ini dari Bu Fatmah Bahalwan NCC. Hohoho. Beliau sudah terkenal di dunia masak-memasak lho. Dan aku, sebagai salah satu fans berat beliau, gak ragu sama kelezatan resep yang pernah disusun beliau. Semangat ini juga makin menggebu-gebu ketika mbak Hesti nge-posting re

Kentang Goreng Tepung

Setelah hampir sebulan nganggur di draft, akhirnya bisa di- publish juga :D *kelamaan memastikan detil resep* Majalah Sedap kembali dengan resep praktis dan gak pake bahan banyak. Halaman belakang majalah edisi bulan Agustus kemarin tersebut diisi dengan resep pilihan yang dijamin mudah untuk dibuat. Salah satunya Kentang Goreng Tepung ini. Meskipun jenis olahan french fries lebih dikenal dan disukai, kentang goreng dengan potongan wedges ini dijamin gak akan mengecewakan. Yang khas dari kentang goreng ini adalah renyahnya. Karena berbalut tepung, kentang ini sangat renyah. Bahkan kerenyahannya bertahan hingga kondisinya tidak lagi hangat. Disajikan dengan saus cocolan ataupun tidak, tetap saja cemilan ini bakalan memanjakan lidah keluarga di rumah. Kriuk-kriuk gurihnya bikin siapa aja akan berkesimpulan one is never enough .   Punya stok kentang? Yuk, buruan dimasak dengan resep yang aku tulis ulang dari majalah Sedap ini :) KENTANG GORENG TEPUNG sumber:

OVEN dan ovenku (KIRIN 200-RA)

Oven adalah peralatan dapur yang wajib dimiliki kalo mau belajar baking , khususnya kalo mau bikin sesuatu yang dipanggang. Peralatan tempur baking yang satu ini juga punya beberapa jenis, yaitu: Oven Tangkring (otang) Oven ini mungkin paling tersohor di dunia per- baking -an :D. Gimana enggak, sejak jaman masih kecil banget sampe sekarang, aku masih sering nemu toko yang ngejual oven yang satu ini. Gak jarang juga ibu-ibu yang pada pinter masak di blog-blog yang aku baca mengakui sendiri mereka juga menggunakannya. Kalo ditanya alasan kenapa banyak orang suka banget (dan bahkan jatuh cinta) dengan oven ini, pada umumnya adalah oven ini murah dan gak pake listrik. Memang bener kalo oven ini praktis banget, tapi kelemahannya juga patut dipertimbangkan. Jika menggunakannya di atas kompor gas, ovennya harus diganjal dulu, terkadang panasnya tidak merata, dan sulit menentukan temperatur dengan benar (bahkan kadang pengukur suhu yang ada bisa salah).   Oven Gas Bi