Skip to main content

Crab Stick Bread



Met siang...

Alhamdulillah masih bisa nge-apdet blog ini lagi.
Empat minggu terakhir lumayan kekurangan waktu buat mengerjakan hal yang lain. Selain beres-beres rumah, hari-hari dipenuhi kuliah pengganti dan tugas-tugas. Hasilnya, mewek gak jelas karena stres, plus gak bisa nyalurin stres dengan foto-foto.

Alhamdulillah juga, dua minggu UAS pun terlampaui. Bagaimanapun hasilnya, aku sudah mengupayakan yang terbaik. Semoga hasilnya baik-baik saja :)

Awal Maret ini, aku mau nge-post yang minimalis dulu.
Setelah sebelumnya pernah praktek roti yang dilihat di 9gag yaitu Mozzarella Garlic Bread, kali ini nge-post yang hampir sama dengan resep tersebut.

Tujuan sebenarnya ngehabisin stok di freezer yang udah disimpan sejak awal bulan kemarin, crab stick. Selain itu, ada juga saus spaghetti yang masih berlebih, plus mentega yang mendekati expired date *nekat*.

Bermodalkan bahan-bahan tersebut dan western bread yang dua hari yang lalu dibeli di Giant, mulai deh 'ngebongkar' roti. Simpel, roti yang panjang tersebut dipotong-potong dan dilubangi sehingga bisa dimasukkan isian. Penuhi dengan bahan-bahan yang ada dan bisa disesuaikan, terus lakukan finishing dengan mozzarella yang cantik.

Nah, berhubung oven masih belum dibeli juga *dan sepertinya absen pake oven dulu sementara waktu*, Happycall-nya dimaksimalkan.

Bisa? Bisa dong :)
Pake api keciiiiiiillll banget. Perlahan aja masaknya. Kurang lebih 10 menit tanpa perlu dibalik-balik. Hasilnya cantiiikkkk seperti dipanggang pake oven. Bagian luar roti yang renyah (beneran kres kres) asik banget dengan bagian dalam yang tetap lembut dan gurih lezat karena mentega dan bahan isian.

Hayuk, Ibu-ibu...
Yang gak punya oven, selalu ada cara buat baking yang simpel, seperti resep detil dari cerita di atas yang akan aku tuliskan berikut.


CRAB STICK BREAD
Nitta Sestra Afdya

Bahan:
- 1 buah western bread panjang
- 2 sdm mentega unsalted
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- garam secukupnya
- 5 buah crab stick, iris-iris agak tebal
- paprika hijau dan merah, potong kotak-kotak kecil
- saus spaghetti bolognaise
- mozarella secukupnya
- oregano


Cara Membuat:

1. Potong western bread menjadi kurang lebih 7-8 roti. Lubangi bagian tengah masing-masing.




2. Campur mentega, bawang putih cincang, dan garam sampai rata. Oleskan ke setiap bagian dalam roti. Kemudian, masukkan bahan isian berupa crab stick dan paprika.

3. Sendokkan saus bolognaise sebagai perekat isian. Tambahkan kembali crabstick dan paprika bila suka. Setelah memenuhi bagian atas, tutup dengan mozarella kemudian oregano.




4. Panggang di Happycall yang sebelumnya telah dipanaskan dan telah dilapisi bagian dasarny. Panggang selama 10-15 menit dengan api sangat kecil atau api lilin. Sajikan selagi hangat.



Selain dijadikan cemilan di rumah atau bahan sarapan, masakan ini cocok banget dijadikan bento lho. Aroma mentega yang gurih manis pasti menambah semangat begitu membuka kotak bekal. Contohnya seperti yang aku coba susun beberapa hari yang lalu ini. Jangan tanya kenapa bagian kotak bekal lain dikasih coklat sama biskuit ya :D *sebenernya mati gaya dan lagi gak ada stok buah di kulkas*




Dijadiin bento suami atau si kecil juga seru kan? :)


Happy cooking :)

Nitta Sestra Afdya - 9 Maret 2015

Comments

  1. Assalamu'alaikum mb Nitta,
    Blognya keren, foto2nya cakep, resepnya jg simple. Saya dah cobain beberapa resep di sini dan anak2 suka banget, terutama chicken teriyakinya.
    Mbak, itu happycallnya ditutup gak?
    Wassalam - ida

    ReplyDelete
  2. Wa 'alaykumussalam warahmatullah, mbak Ida :)
    Iya, mbak. Happycall dalam keadaan tertutup. InsyaAllah masih bisa ketutup, mbak, karena itu rotinya saya potong hingga berkurang tingginya. Supaya gak cepat gosong, Happycall dipanaskan dulu dan setelah roti dimasukkan, pake api yang paling kecil aja.

    Semoga membantu, mbak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nasi Bakar ala Bu Fatmah Bahalwan NCC

Pertama kali lihat postingan resep Nasi Bakar ini, bawaannya kebayang-bayang terus dan pengen bikin. Alasannya, aku suka banget nasi bakar! Ada aroma daun pisang, aroma bakaran dan rasa gurih dari lauknya itu bikin lidah ketagihan. Karena itu, ketika menemukan link berisi resep ini, aku langsung catat bahan dan cara membuatnya di agenda masakan tercintaaah (sebenernya sih buku agenda buat kerjaan kantor, disalahgunakan ini ceritanya :D). Mencatat resep di buku tulis itu ada kebahagiaan tersendiri. Selain bisa jadi koleksi (haiah *ga penting), mempermudah liat resep pas masak ketika hape harus di-charge dulu, juga membantu pemahaman langkah pengerjaan. Ok, kembali ke resep. Yang bikin aku memilih resep ini adalah resep ini dari Bu Fatmah Bahalwan NCC. Hohoho. Beliau sudah terkenal di dunia masak-memasak lho. Dan aku, sebagai salah satu fans berat beliau, gak ragu sama kelezatan resep yang pernah disusun beliau. Semangat ini juga makin menggebu-gebu ketika mbak Hesti nge-posting re

Kentang Goreng Tepung

Setelah hampir sebulan nganggur di draft, akhirnya bisa di- publish juga :D *kelamaan memastikan detil resep* Majalah Sedap kembali dengan resep praktis dan gak pake bahan banyak. Halaman belakang majalah edisi bulan Agustus kemarin tersebut diisi dengan resep pilihan yang dijamin mudah untuk dibuat. Salah satunya Kentang Goreng Tepung ini. Meskipun jenis olahan french fries lebih dikenal dan disukai, kentang goreng dengan potongan wedges ini dijamin gak akan mengecewakan. Yang khas dari kentang goreng ini adalah renyahnya. Karena berbalut tepung, kentang ini sangat renyah. Bahkan kerenyahannya bertahan hingga kondisinya tidak lagi hangat. Disajikan dengan saus cocolan ataupun tidak, tetap saja cemilan ini bakalan memanjakan lidah keluarga di rumah. Kriuk-kriuk gurihnya bikin siapa aja akan berkesimpulan one is never enough .   Punya stok kentang? Yuk, buruan dimasak dengan resep yang aku tulis ulang dari majalah Sedap ini :) KENTANG GORENG TEPUNG sumber:

OVEN dan ovenku (KIRIN 200-RA)

Oven adalah peralatan dapur yang wajib dimiliki kalo mau belajar baking , khususnya kalo mau bikin sesuatu yang dipanggang. Peralatan tempur baking yang satu ini juga punya beberapa jenis, yaitu: Oven Tangkring (otang) Oven ini mungkin paling tersohor di dunia per- baking -an :D. Gimana enggak, sejak jaman masih kecil banget sampe sekarang, aku masih sering nemu toko yang ngejual oven yang satu ini. Gak jarang juga ibu-ibu yang pada pinter masak di blog-blog yang aku baca mengakui sendiri mereka juga menggunakannya. Kalo ditanya alasan kenapa banyak orang suka banget (dan bahkan jatuh cinta) dengan oven ini, pada umumnya adalah oven ini murah dan gak pake listrik. Memang bener kalo oven ini praktis banget, tapi kelemahannya juga patut dipertimbangkan. Jika menggunakannya di atas kompor gas, ovennya harus diganjal dulu, terkadang panasnya tidak merata, dan sulit menentukan temperatur dengan benar (bahkan kadang pengukur suhu yang ada bisa salah).   Oven Gas Bi